Jika sambungan fisik (kabel) telah terpasang dan setting alamat IP maupun DNS server telah dilakukan, kita dapat menguji koneksi PC tersebut dalam jaringan dengan perintah ping. Perintah ping tersebut diketikkan melalui baris perintah (command line) tampilan DOS prompt. Untuk melakukannya, kita aktifkan dulu mode DOS tersebut dengan langkah-langkah berikut.
a)  Klik Start-Run sehingga muncul kotak dialog Run. Ketik cmd pada kolom Open kemudian klik OK sehingga muncul mode DOS dengan baris perintah.
b)  Pada mode DOS, ketik perintah ping diikuti alamat IP komputer yang kita pakai, contoh : ping 192.168.1.105 kemudian tekan tombol Enter. Jika koneksi komputer kita ke jaringan gagal, akan muncul komentar : Destination host unreachable dan keterangan statistic yang menunjukkan 100% lost, sedangkan jika berhasil akan muncul beberapa baris komentar Reply from 192.168.1.105 dan keterangan statistic yang menunjukkan 0% lost.

     Jika komputer kita telah berhasil terhubung ke jaringan, perintah ping juga dapat digunakan untuk memeriksa apakah sebuah komputer lain di jaringan itu masih aktif (tersambung dengan jaringan) atau tidak. Untuk menguji koneksi komputer lain dalam jaringan, lakukan perintah ping diikuti nomor IP komputer yang akan diuji kemudian tekan Enter. Jika komputer tersebut masih terhubung ke jaringan dan masih aktif (menyala), kita akan mendapatkan beberapa baris komentar Reply from (nomor IP), sedangkan jika gagal, biasanya muncul komentar Request timed out. Komentar gagalnya koneksi komputer lain di jaringan pada perintah ping dapat disebabkan oleh komputer dengan nomor IP tersebut tidak diaktifkan (dalam keadaan off). Untuk menutup jendela DOS, ketik exit pada baris perintah kemudian tekan Enter